PENGENALAN BUDAYA AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN (PBAK) 2022

 

PENGENALAN BUDAYA AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN (PBAK)



              PENGENALAN BUDAYA AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN (PBAK) – Merupakan kegiatan yang diadakan setiap tahunnya sebagai momen pengenalan bagi mahasiswa yang baru saja memasuki lingkup universitas, sehingga mahasiswa dapat membiasakan diri ketika berada di lingkungan tersebut. Pengenalan yang dimaksud yaitu dapat berupa pengenalan sejarah kampus, lembaga-lembaga yang ada di kampus, macam-macam kegiatan akademik yang ada di kampus, sistem kurikulum, para pimpinan universitas, fakultas, dosen dan lain-lain. Disamping itu, kegiatan ini juga dapat digunakan sebagai tempat saling mengenal antar mahasiswa baru satu sama lain. Kegiatan ini memiliki tujuan yaitu mengenalkan kepada mahasiswa baru mengenai jurusan Teknik Pertambangan dan sistem akademik yang diterapkan oleh Program Studi Teknik Pertambangan, membangun solidaritas antar warga Jurusan Prodi Teknik Pertambangan maupun warga Fakultas Sains dan Teknologi, menjelaskan kemampuan dasar yang harus dimiliki mahasiswa baru Teknik Pertambangan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, dan membentuk pola pikir mahasiswa sebagaimana semestinya terhadap sistem akademik pada Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Sains dan Teknologi.

 

              Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 26 Agustus 2022 pukul 07.00 s/d selesai yang bertempat di Ruang 5014 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Jurusan Teknik Pertambangan ini diikuti sebanyak 62 mahasiswa baru dengan 4 pemateri dan 30 panitia PBAK. Teknik Pertambangan menerima mahasiswa baru sebanyak 62 orang dari berbagai jalur masuk yaitu SNMPTN, SBMPTN, SMM PTN-BARAT, dan SPMB Mandiri. Kegiatan ini terdiri dari pembukaan, sambutan-sambutan, pengenalan dosen Teknik pertambangan, pengenalan mahasiswa baru 2022, penyampaian materi, foto Bersama, pembacaan doa dan penutupan oleh MC. Adapun kegiatan yang silakukan setelah Sholat Jum’at yaitu Umbul-umbul.

 

              Kegiatan pembukaan dibuka oleh Melshadila Amin Pahlevi selaku MC kemudian menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya yang di dirigeni oleh Destiana Lia Zahra. Acara selanjutnya adalah pembacaan ayat suci Al – Quran yang dilantunkan oleh Muh. Ammar dan di terjemahkan oleh Fitri Nuraeni. Setelah pembukaan dilaksanakan, acara berlanjut ke berbagai sambutan.  Sambutan yang pertama disampaikan oleh Bapak Dr. Ambran Hartono, M. Si selaku ketua Ketua Prodi Teknik Pertambangan, sambutan yang kedua diwakili oleh Kak Julia Sari Ginting dan Kak Nasyitha Halimatussa’diah sebagai perwakilan dari Himpunan Teknik Pertambangan, sambutan yang ketiga disampaikan oleh Luqman Baihaqi selaku Ketua PBAK 2022 Teknik Pertambangan. Dilanjutkan dengan pengenalan Dosen dan pengenalan diri masing – masing Mahasiswa Baru 2022.  Sebelum memasuki materi pertama, ada pembacaan CV yang dibacakan oleh moderator, yaitu Alyzza Sharira Artlmal. Penyampaian materi pertama oleh Bapak Dr. Ambran Hartono M. Si . Materi yang di sampaikan  yaitu “Pengenalan Budaya Akademik dan Metode Belajar Efektif di Perguruan Tinggi”. Materi selanjutnya yaitu materi kedua yang dibawakan oleh Ibu Dewi Kusumaningsih, S.T, M.Sc dengan materi yang berjudul ”Pertambangan dan Perannya dalam Kehidupan Sehari-hari”, dilanjutkan presentasi mengenai pengenalan Himpunan Tambang UIN Jakarta yang disampaikan oleh Kak Julia Sari Ginting dan Kak Nasyitha Halimatussa’diah. Acara berikutnya adalah penyerahan sertifkikat pemateri. Kegiatan Terakhir merupakan penutupan PBAK Jurusan Teknik Pertambangan dengan pembacaan doa penutup oleh Firza Alden

 

              Terima kasih kepada seluruh teman-teman panitia acara PBAK 2022, Para pemateri, Para Dosen dan Staff Teknik Pertambangan, Seluruh Abang dan Kakak Tingkat, Abang dan Kakak Alumni Teknik Pertambangan, dan seluruh adik-adik mahasiswa baru Angkatan 2022 Teknik Pertambangan yang telah berpartisipasi dalam acara ini, Semoga apa yang kita lakukan menjadi keberkahan bagi kita semua.

 

Sampai jumpa di PBAK selanjutnya

 



 

 

 

 

 


 

Gambar 1. Absensi Peserta PBAK 2022

 



Gambar 2. Pembukaan Acara oleh Mc

 



Gambar 3. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

 

 



Gambar 4. Pembacaan Tilawah dan Sari Tilawah

 

 


Gambar 5. Sambutan Oleh Kaprodi Bapak Dr. Ambran Hartono, M.Si

 



Gambar 6. Sambutan Perwakilan Himpuan Tambang

 



Gambar 6. Sambutan Ketua Pelaksana PBAK

 



Gambar 7. Penayangan video profil prodi Teknik pertambangan

 

 



Gambar 8. Pengenalan dosen teknik pertambangan

 


 

Gambar 9. Peyampaian Materi Oleh Bapak Dr. Ambran Hartono, M.Si

 

 


Gambar 10. Penyampaian Materi Ibu Dewi Ayu Kusumaningsih, S.T

 



Gambar 11. Penyampaian Materi oleh Kak Julia Sari Ginting & Kak Nasyitha Halimatussa’diah

 



Sesi Foto Bersama

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar