PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) Teknik Pertambangan 2021

 PBAK TEKNIK PERTAMBANGAN 2021

Pada hari Jumat, 27 Agustus 2021 telah dilaksanakan kegiataan Pengenalan Budaya Akademik Kampus Jurusan Teknik Pertambangan yang dimulai pada pukul 07.10 s/d 10.20 WIB secara daring melalui zoom meeting. Jurusan Teknik Pertambangan menerima mahasiswa baru sebanyak 49 orang dari berbagai jalur masuk yaitu SNMPTN, SBMPTN, SMM PTN-BARAT, dan SPMB Mandiri. Kegiatan pengenalan kampus ini dihadiri oleh segenap Civitas Akademik mulai dari Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Sains Dan Teknologi yaitu Ibu Dr. Fahma Wijayanti, M.Si serta ketua Program Studi Teknik Pertambangan yaitu Bapak Dr. Ambran Hartono, M.Si dan seluruh dosen pengampu Jurusan Teknik Pertambangan beserta dosen lainnya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selain itu, dihadiri juga para alumni beserta mahasiswa tingkat atas. Kegiatan PBAK jurusan Teknik Pertambangan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru mengenai jurusan Teknik Pertambangan, membentuk pola pikir mahasiswa sebagaimana semestinya, dan membangun rasa kekeluargaan antar warga Prodi Teknik Pertambangan maupun warga Fakultas Sains dan Teknologi. 

Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Jurusan Teknik Pertambangan ini berjalan dengan lancar yang diisi beberapa kegiatan diantaranya pembukaan oleh Navila Yasmin selaku MC dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Ahmad Davy Fahrezi, serta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah pembukaan selesai dilanjut dengan pemberian sambutan-sambutan mulai dari sambutan Ketua Program Studi yang disampaikan oleh Bapak Dr. Ambran Hartono, M.Si, sambutan kedua yang disampaikan oleh Abang Zulfikri Hakim Akbar selaku Wakil Ketua Himpunan Tambang dan sambutan terakhir yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana PBAK 2021 yaitu Pramudia Aji Rustiyanto. Setelah itu dilanjut dengan video pengenalan Prodi Teknik Pertambangan, Pengenalan dosen, dan pengenalan mahasiswa baru 2021. Kemudian masuk ke acara inti berupa penyampaian materi oleh 3 narasumber diantaranya Bapak Dr. Ambran Hartono, M.Si selaku Ketua Prodi Teknik Pertambangan yang menyampaikan materi mengenai Profil Teknik Pertambangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Lalu pemateri kedua yaitu Bapak Ahmad Fauzan Haryono, M.T selaku Dosen Teknik Pertambangan yang menyampaikan materi seputar peran pertambangan dalam dunia industri. Dan pemateri ketiga oleh Wakil Ketua Himpunan Tambang yaitu Zulfikri Hakim Akbar yang menyampaikan materi seputar Himpunan Tambang UIN Syarif Hidayatullah. Setelah kegiatan inti selesai dilanjut dengan penyerahan sertifikat kepada para pemateri dan sesi foto Bersama yang dipandu oleh koordinator Divisi Dokumentasi acara, selanjutnya pembacaan doa penutup  yang dibacakan oleh Ahmad Davy Fahrezi yang kemudian ditutup secara resmi oleh Navila Yasmin selaku MC. 

Materi pertama disampaikan  oleh Bapak Dr. Ambran Hartono, M.Si selaku Kaprodi Teknik Pertambangan UIN Jakarta mengenai Profil Teknik Pertambangan yang berisikan Sejarah Teknik Pertambangan UIN Jakarta, Kurikulum, SKS, dan Pembelajaran Jarak Jauh, Motivasi dan pernak-pernik kegiatan di Jurusan Teknik Pertambangan UIN Jakarta. Kemudian untuk materi kedua yang disampaikan oleh Bapak Ahmad Fauzan Haryono, M.T selaku Dosen Teknik Pertambangan UIN Jakarta mengenai materi Peran Penting Sektor Pertambangan dalam Kehidupan Teknologi 4.0 yang berisikan berbagai produk yang dihasilkan dari industri pertambangan dan manfaatnya bagi manusia, undang-undang yang mengatur tentang pertambangan di Indonesia, beberapa komoditas dari industri pertambangan, Perkembangan teknologi di industri Pertambangan, serta beberapa professional skill yang harus dimiiki oleh seorang engineer. Selanjutnya untuk materi ketiga yang disampaikan oleh Abang Zulfikri Hakim Akbar selaku Wakil Ketua Himpunan Tambang UIN Jakarta mengenai pengenalan himpunan dimulai dari visi dan misi Himpunan Tambang UIN Jakarta, pengenalan anggota serta jobdesk dari masing-masing divisi yang ada di Himpunan Tambang UIN Jakarta hingga Program Kerja yang dilaksanakan di masing-masing divisi Himpunan Tambang UIN Jakarta sendiri. Setelah pemaparan materi dari para pemateri, seluruh mahsiswa baru diminta untuk Kembali lagi mengikuti acara PBAK Fakultas dan kemudian acara Pengenalan Budaya Akademik Kampus jurusan Teknik Pertambangan dilanjut setelah jumatan tepatnya pukul 12.50 WIB s/d 13.30 yang diisi oleh penugasan berupa kuis berhadiah oleh panitia acara. Penugasan berupa kuis ini berupa soal-soal yang sudah diberikan oleh pemateri sebelumnya. Penugasan kuis berhadiah ini dikhususkan kepada mahasiswa baru dan berlangsung secara meriah yang bertujuan untuk mengetahui apa saja yang diketahui mahasiswa baru selama kegiatan berlangsung serta ajang silaturahmi antara kakak tingkat dengan mahasiswa baru. Kuis ini menggunakan platform quizizz dan diambil tiga orang peserta terbaik yang akan mendapatkan hadiah dari panitia. Setelah kegiatan penugasan selesai maka berakhirlah acara kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kampus Jurusan Teknik Pertambangan.

Terima kasih kepada seluruh teman-teman panitia acara PBAK 2021, Para pemateri, Para Dosen dan Staff Teknik Pertambangan, Seluruh Abang dan Kakak Tingkat, Abang dan Kakak Alumni Teknik Pertambangan, dan seluruh adik-adik mahasiswa baru Angkatan 2021 Teknik Pertambangan yang telah berpartisipasi dalam acara ini, Semoga apa yang kita lakukan menjadi keberkahan bagi kita semua. 

Sampai jumpa di PBAK selanjutnya 🙂

 

Dokumentasi: 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar