MINING STUDY CLASS 2

 

MINING STUDY CLASS 2

 


MINING STUDY CLASS- Merupakan suatu acara talkshow yang diadakan oleh Departemen PSDM dan Humas Eksternal dengan tujuan memberi pengetahuan mengenai pertambangan dengan Narasumber yang berhubungan dengan tema terkait.

 Mining Study Class 2 kali ini mengangkat tema “Manajemen Hasil Olahan Penambangan Hingga ke Tahap Pemurnian”. Acara ini dilaksanakan secara Daring melalui zoom meeting yang dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2023 pada pukul 13.30 WIB. MSC 2 kali ini mendatangkan pembicara yaitu Bapak Erika Silva, S.T selaku Manager Project di PT Smelter Gresik. MSC 2 Kali ini dihadiri oleh segenap Mahasiswa/i Teknik Pertambangan serta dihadiri oleh petinggi-petinggi Fakultas dan Prodi Teknik Pertambangan.

Acara dimulai dengan pembukaan yang dibuka dengan moderator Istyo Murdho Andono yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Muh. Ammar. Kemudian dilanjutkan sambutan Ketua Pelaksana MSC Syarifah Amwal, lalu selanjurnya sambutan kedua oleh Achmad Ravi selaku Ketua Himpunan Tambang UIN Jakarta, selanjutnya sambutan ketiga dari Bapak Ambran Hartono, M.Si. Selaku Kaprodi Teknik Pertambangan UIN Jakarta. Sambutan kelima yaitu sambutan dari Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Bapak Ir. Nashrul Hakim, Ph.D. Acara selanjutnya ialah pembacaan CV pemateri yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bapak Erika Silva, S.T. Materi yang menjadi topik pada Mining Study Class kali ini ialah mengenai Manajemen Hasil Olahan Penambangan Hingga ke Tahap Pemurnian. Mineral tembaga yg ada di freeport yaitu mineral porfiri. Sifat tembaga yang tahan karat dan penghantar listrik yang baik membuat pemerintah menetapkan tembaga sebagai mineral yg strategis. Untuk kedepannya komponen pendukung yang digunakan dalam Electric vehicle ialah tembaga. Tembaga bisa disebut future metal. Pada PT. Freeport Indonesia terdapat beberapa kegiatan yaitu, mining untuk menghasilkan ore, processing untuk menghasilkan  konsentrat tembaga, dan refining.

Lokasi mining dan processing (mill) berada di papua dan refining berada di gresik yaitu di PT Smelting Gresik. Produk yg dihasilkan di PT Smelting Gresik ini yaitu main product berupa lempengan tembaga dan by product atau produk sampingan yaitu lumpur anoda (kandungan emas 1%), perak (diperlukan oleh pabrik semen sbg pengganti pasir besi), asam sulfat (dijual ke pabrik pupuk), dan gypsum (dibutuhkan oleh pabrik semen). Proses mineralisasi dimulai dari crushing, kemudian floatasi, lalu regrand, dan selajutnya cleaner floatation yang menghasilkan tailing yg akan menjadi final tail yg akan dialirkan ke deposition area.

Setelah pemaparan materi, acara selanjutnya ialah sesi diskusi dan tanya jawab, beberapa partisipan turut antusias menanyakan beberapa hal mengenai materi yang telah dipaparkan, selanjutnya dilanjutkan dengan sesi penyerahan sertifikat dari ketua pelaksana kepada pemateri dan sesi terakhir ialah foto bersama dan penutupan oleh Moderator. Acara Mining Study Class 2 kali ini diharapkan dapat memberi pengetahuan serta pengalaman sehingga dapat memotivasi mahasiswa-mahasiswi Teknik Pertambangan UIN Jakarta dalam menuntut ilmu khususnya di bidang pertambangan.

Sampai Bertemu di Mining Study Class Selanjutnya.

Pembukaan oleh Moderator


Sambutan Ketua Pelaksana


Sambutan Ketua HITAM UIN Jakarta


Sambutan Kaprodi Teknik Pertambangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


Pemaparan Materi


Sesi Tanya Jawab


Penyerahan Sertifikat


Foto Bersama

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar