Ngobrol Perkara Isu (NGOPI) : Emas dan Sangihe Harus Bagaimana?

 Ngobrol Perkara Isu (NGOPI) : Emas dan Sangihe Harus Bagaimana?


NGOPI atau Ngobrol Perkara Isu merupakan kegiatan rutin bulanan yang dilakukan oleh Divisi Kajian sebagai wadah untuk berdiskusi , berdebat serta hal lain yang masih berkaitan tentang isu pertambangan atau hal lain yang berkaitan dengan pertambangan guna mengasah keterampilan berpikir terstruktur dan memperluas pemahaman yang bersifat aplikatif dari Mahasiswa/i Pertambangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Keterampilan berpikir terstruktur merupakan salah satu ciri seorang akademisi, bagaimana ia mengolah informasi dan menganalisanya untuk selanjutnya disajikan dalam bentuk argumen berlandaskan pemahaman dan pengujian dengan dalil ilmiah yang dapat diterima secara logis. Dengan terselenggarakannya acara ini diharapkan akan mendukung tujuan tersebut dapat terealisasikan dengan sebaik mungkin.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 11 Agustus 2021 pukul 10.00 WIB hingga 12.30 WIB dengan media zoom yang dipantik oleh Chairperson dari anggota Divisi Kajian Gilang Amanda Muhtar. Peserta yang mengikuti sebanyak kurang lebih 48 peserta yang merupakan mahasiswa Teknik Pertambangan. Kegiatan terdiri dari pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan, pemaparan materi, sesi debat,doa bersama dan penutupan.

Bahasan yang diperdebatkan adalah tentang bagaimana tindakan yang sepatutnya dilakukan untuk proyek pertambangan emas di Sangihe Oleh PT TMS yang 70% saham nya dikuasai oleh pihak asing. Bahasan ini diambil dari berbagai perspektif yang dipilih dalam 3 kelompok debat yaitu ada kubu perusahaan (Corporate), kubu pemerintah (Government), dan kubu akademisi (Academian) sehingga dapat memperkaya pemahaman dan pandangan akan bahasan ini nantinya.

Terima kasih kepada teman-teman panitia dan Teknik Pertambangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah membantu kelancaran acara ini, juga kepada saudari Ananda Riandini Daedore  selaku ketua pelaksana serta saudara Gilang Amanda Muhtar selaku Chairperson yang telah memandu keberlangsungan acara kali ini. Semoga apa yang kita lakukan menjadi keberkahan bagi kita semua.

Sampai jumpa di NGOPI selanjutnya 🙂

Ayo kita NGOPI!


Dokumentasi:























1 komentar:

  1. Lucky Club Casino Site 2021 - LuckyClub
    Lucky Club luckyclub is a unique gambling site that serves up different types of bets in order to enhance their gaming experience. It provides the opportunity to bet on an

    BalasHapus