LITERACY WEEK VARVA HITAM 2022: LITERASI DALAM SANUBARI, MERANGKAI KATA DALAM PESONA SUSTAINABILITY

 

BERITA ACARA

LITERACY WEEK VARVA HITAM 2022: LITERASI DALAM SANUBARI, MERANGKAI KATA DALAM PESONA SUSTAINABILITY



            Literacy Week VARVA HITAM 2022 – Jum’at, 3 Juni 2022 telah dilaksanakan acara Literacy Week VARVA HITAM 2022 yang dilaksanakan oleh kepengurusan HITAM UIN Jakarta dimana kegiatan ini mewadahi Mahasiswa/I Teknik Pertambangan dalam pengetahuan mengenai pembuatan penulisan jurnal guna menambah ilmu yang berguna dalam bidang akademis.

            Literacy Week VARVA HITAM 2022 dilaksanakan secara langsung pada Gd. Teater Lt.6 Fakultas Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang dihadiri oleh segenap Mahasiswa/I Teknik Pertambangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, acara ini juga dihadiri oleh beberapa dosen Teknik Pertambangan dan petinggi-petinggi Fakultas dan Prodi Teknik Pertambangan dan dihadiri narasumber Ahmad Fauzan Haryono, M.T.

            Acara dimulai dengan pembukaan yakni Sambutan Ketua Himpunan yakni Achmad Ravi, Sambutan Ketua VARVA yakni Gilang Amanda Muchtar, dan Sambutan Ketua Literacy Week yakni Siti Lutfiah Puan Maharani. Acara selanjutnya adalah pembagian kelompok mahasiswa yang terbentuk untuk pembuatan jurnal dan forum diskusi, lalu acara dilanjutkan dengan pembacaan CV Pemateri yakni Bapak Ahmad Fauzan Haryono, M.T dan pemaparan materi yang dibawakan oleh beliau.

            Dari materi yang diberikan oleh beliau diantaranya adalah pemaparan materi tentang Abstrak yaitu Contoh abstrak karya tulis ilmiah yang ada terdiri dari tiga paragraf. Yang merupakan ketentuan umum yang dibuat dalam cara penulisan abstrak yang baik. Setiap cara membuat abstrak yang dibuat terdiri dari tiga paragraf; yang pertama yaitu memuat judul penelitian, rumusan masalah, latar belakang dan tujuan penelitian.Yang kedua memuat metode penelitian, teknik analisa data, landasan teori.

Dan yang ketiga memuat hasil atau kesimpulan yang diperoleh dari penelitian yang sudah dilakukan. Selanjutnya adalah tentang pendahuluan yaitu menyajikan fakta yang ditulis dengan kalimat Present Tense. Penelitian terdahulu yang disetujui oleh penulis ditulis dengan Present Tense (kalimat yang mendukung latar belakang penelitian). Selanjutnya adalah metode penelitian merupakan deskripsi dari tahapan-tahapan dan prosedur yang telah dilakukan dalam penelitian. Sehingga, bagian metode ditulis dengan Past Tense. Kemudian Hasil penelitian adalah deskripsi dari hasil yang didapatkan setelah melakukan metode penelitian. Sehingga, hasil penelitian ditulis dengan menggunakan Past Tense. Lalu Pembahasan adalah deskripsi tentang hasil penelitian yang dilakukan dan dijadikan sebagai fakta. Gunakan kalimat dengan kombinasi Past Tense & Present Tense. Dan salah satu yang dimasukkan kedalam jurnal seperti diagram, grafik dan tabel yang dimana keterangan dalam Diagram, Table, dan Gambar ditulis dengan menggunakan Present Tense. Selanjutnya pengecekan grammar dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang bagus seperti grammarly, hemingway, dan lainnya. Terakhir merupakan pengecekan plagiarisme dengan menggunakan turnitin.

            Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi peserta dengan pemateri dan ditutup dengan baik dengan kemudian melaksanakan penugasan untuk penulisan jurnal dengan pengumpulan secara berkala.

 

DOKUMENTASI





 


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar