WORKSHOP OF MINING COMPETENCY “MINE DESIGN” VARVA HITAM 2022: LONG TERM OPEN PIT COAL MINE OPTIMIZATION

 

BERITA ACARA

WORKSHOP OF MINING COMPETENCY “MINE DESIGN” VARVA HITAM 2022: LONG TERM OPEN PIT COAL MINE OPTIMIZATION



Workshop VARVA HITAM 2022 – Kamis, 29 Agustus 2022 telah dilaksanakan acara Workshop VARVA HITAM 2022 yang dilaksanakan oleh kepengurusan HITAM UIN Jakarta dimana kegiatan ini mewadahi Mahasiswa/I Teknik Pertambangan dalam pengetahuan mengenai pembuatan penulisan jurnal guna menambah ilmu yang berguna dalam bidang akademis.

            Workshop VARVA HITAM 2022 dilaksanakan secara langsung pada Gd. Teater Lt.6 Fakultas Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang dihadiri oleh segenap Mahasiswa/I Teknik Pertambangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, acara ini juga dihadiri oleh beberapa dosen Teknik Pertambangan dan petinggi-petinggi Fakultas dan Prodi Teknik Pertambangan dan dihadiri narasumber Ahmad Fauzan Haryono, M.T.

            Kegiatan Workshop VARVA HITAM 2022 dilaksanakan selama 5 (lima) hari dengan hari pertama berisi pembukaan yakni Sambutan Ketua Himpunan yakni Achmad Ravi, Sambutan Ketua VARVA yakni Gilang Amanda Muchtar, dan Sambutan Ketua Workshop yakni Siti Ayu Salwah, dan disambut oleh perwakilan prodi yakni Bapak Supardi Razak, M.T. dan Bapak Dekan Ir. Nashrul Hakiem, S.Si, M.T., Ph.D, . Acara selanjutnya adalah pembagian kelompok mahasiswa yang terbentuk untuk pembuatan jurnal dan forum diskusi, lalu acara dilanjutkan dengan pembacaan CV Pemateri yakni Bapak Ahmad Fauzan Haryono, M.T dan pemaparan materi yang dibawakan oleh beliau.

            Materi yang dibawakan berisi pembekalan yang diperlukan sebelum menjalankan demo software, seperti:

Ada beberapa pertimbangan dalam optimasi pit, yaitu faktor teknis penambangan (sudut lereng tambang, jenjang, kondisi lokal), faktor ekonomi (harga jual komoditas tambang, biaya – biaya tambang, kewajiban finansial perusahaan tambang terhadap pemerintah atau pajak), faktor lingkungan, infrastruktur, pengolahan, hukum, dan faktor sosial.

Metode Lerch Grossman memiliki tujuan yaitu ingin mencapai perancangan tambang yang efisien dengan menentukan batas penambangan pada suatu cebakan (Lerch & Grosmann, 1965). Dalam penentuan batas akhir penambangan (pit limit design), dimana penentuan pit limit dihitung berdasarkan konsep ekonomi pulang pokok artinya keuntungan menambang tahapan akhir cukup untuk membayar biaya pengupasan overburden.

Hal – hal yang harus dipersiapkan atau data yang diperlukan dalam pembuatan pit limit design yaitu:

Data Masukan:

1. Model Blok Cebakan bijih

2. Data Ekonomi yang termasuk harga komoditas, ongkos baik dari pengupasan per ton overburden, penambangan per ton bijih, pengolahan per ton bijih, perolehan (pengolahan, peleburan, pemurnian), SRF (Smelting, Refining, Freight), G & A Per ton bijih, serta Royalti.

3. Sudut lereng

4. Lebar Pit Bottom

            Acara hari ke – 2 hingga ke – 5 diisi dengan pengerjaan optimasi yang dibantu oleh Asisten Pemateri yakni Saudara Nadhif Gahara, S.T. dan Vigo Najmiadhim, S.T. Kegiatan workshop VARVA ini bertujuan sebagai pembekalan Mahasiswa Himpunan Teknik Pertambangan UIN Jakarta dalam rangka meningkatkan hardskill yang diperlukan dalam dunia kerja.

DOKUMENTASI









 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar