Mining Study Class

 

MINING STUDY CLASS


Mining Study Class – Selasa, 7 Juni 2022 telah dilaksanakan acara Mining Study Class yang diselenggarakan oleh Departemen PSDM dan Humas Eksternal yang di mana kegiatan ini mewadahi Mahasiswa-Mahasiswi Teknik Pertambangan dalam pengetahuan mengenai Tambang Batubara Bawah tanah. Narasumber kali ini pernah bekerja di PT. Bukit Asam.

 Mining Study Class dilaksanakan secara Daring menggunakan via zoom meeting yang dimulai dari pukul 19.30 WIB yang dihadiri oleh segenap Mahasiswa/i Teknik Pertambangan angkatan 2018 s/d 2020 dan dihadiri juga oleh beberapa alumni dari Teknik Pertambangan serta dihadiri oleh beberapa dosen Teknik Pertambangan dan petinggi-petinggi Fakultas dan Prodi Teknik Pertambangan.

Acara dimulai dengan pembukaan yang dibuka dengan moderator Nur Raisya yang kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Genta Prasasti. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Wadek 3 Bidang Kemahasiswaan ibu Fahma Wijayanti, M.Si. selanjurnya sambutan kedua, dari Bapak Ambran Hartono, M.Si. Selaku Kaprodi Teknik Pertambangan UIN Jakarta. Sambutan ketiga, oleh Bapak Supriyadi, Ph.D. Selaku salah satu dosen Teknik Pertambangan. Selanjutnya sambutan keempat oleh Achmad Ravi selaku Ketua Himpunan Tambang UIN Jakarta. Sambutan terakhir oleh Ketua Pelaksana kegiatan MSC oleh Syarifah Amwal Thaharah. Acara selanjutnya ialah pembacaan CV pemateri yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bapak Ir. Flidelin Katili. Materi yang menjadi topik pada Mining Study Class kali ini ialah mengenai Perencanaan dan Operasi Tambang Batubara Bawah Tanah. Kedepannya beberapa tambang terbuka akan mencapai Pit Limit. Beberapa Perusahaan mulai mengkaji kemungkinan dilakukan penambangan bawah tanah. Penggunaan batubara akan tetap ada, walaupun konsumsinya akan berkurang seiring meningkatnya penggunaan EBT dan meningkatnya kesadaran lingkungan. Langkah awal yang harus dilakukan :

-          Identifikasi morfologi

-          Identifikasi struktur bawah permukaan

-          Identifikasi struktur lapisan batubara

-          Identifikasi sebaran batubara

-          Identifikasi sumber daya dan kualitas batubara

Penetapan batasan-batasan perhitungan sumber daya,misalnya:

       Sumber Daya dihitung hanya untuk lapisan tebal yang cocok untuk

       Penambangan underground.

       Tidak ada Batasan kedalaman.

Selanjutnya ada peranan geoteknik yang diperlukan untuk pengendalian strata, kestabilan permuak kerja (face), dan untuk menentukan parameter rancangan alat. Untuk tujuan ini dibutuhkan minimum 2 lubang bor  geoteknik untuk setiap panel penambangan, terutama di kolom stratigrafi10 m di atas dan 10 m di bawah lapisan batubara.

Tinjauan metode penambangan batubara bawah tanah :

-          Berdasarkan kriteria protection pillar& ketebalan overeburden maka cadangan mineable reserve diagi 2 yaitu :

1.     Cadangan batubara marginal/sisa

2.     Cadangan batubara besar

-          Metode penambangan batubara marginal :

1.     Metode penambangan auger mining

2.     Metode penambangan metec highwall

3.     Metode penambangan continuous highwall

-          Metode penambangan batu bara besar

1.     Bord & Pillar

2.     BlastingGallery

3.     Highwall Mining System

4.     Single Pass Longwall(SPL)

5.     MultiSlice Longwall (MSL)

6.     Longwall Top Coal Caving (LTCC)

Sumber-sumber metan dapat berasal dari batubara bituminous, batubara yang memiliki volatile matter tinggi, batubara yang terdapat di daerah gangguan (disturbed area), dan batubara dengan lapisan yang paling dalam. Untuk mitigasi risiko nya seperti mengencerkan metan dengan udara, menyemprot air di lokasi-lokasi sumber debu batubara, dan rock dusting.

Acara selanjutnya ialah sesi diskusi, beberapa partisipan turut antusias menanyakan beberapa hal mengenai materi yang telah dipaparkan, selanjutnya dilanjutkan dengan sesi penyerahan sertifikat dari ketua pelaksana kepada pemateri dan sesi terakhir ialah foto bersama dan penutupan oleh MC. Pada acara Mining Study Class kali ini diharapkan dapat memberi pengetahuan serta pengalaman sehingga dapat memotivasi mahasiswa-mahasiswi Teknik Pertambangan UIN Jakarta dalam menuntut ilmu khususnya di bidang pertambangan.

 Dokumentasi: 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar